Seputarkita.id ~ Apakah layak menghabiskan uang pemasaran untuk melakukan iklan di Facebook?
Dalam artikel ini, Saya akan mmenjelaksakan apa yang harus dilakukan sebagai pemula Iklan Facebook, inilah yang mesti Agan pikirkan sebeum memberikan iklan di Facebook.
{getToc} $expanded={true}
Apakah klien saya ada di Facebook?
Facebook memiliki banyak sekali pengguna aktif.
Pada Mei 2020, mereka memiliki 2,60 miliar pengguna di seluruh dunia. Oleh karena itu, kemungkinan audiens Facebook Agan sangat tinggi.
Facebook saat ini menempati peringkat kedua sebagai "platform media sosial yang paling banyak digunakan di kalangan orang dewasa di negara Amerika".
Di Amerika Serikat, penelitian Pew mengatakan bahwa "sekitar tujuh dari sepuluh orang dewasa Amerika (69%) menggunakan Facebook".
Sumber : Pew Research Center |
Meskipun banyak orang menggunakan Facebook untuk terhubung, menurut GlobalWebIndex, "Media sosial sangat tertanam dalam perjalanan pembelian – terutama dalam pengaturan penemuan dan penelitian".
Sumber : Audience Project |
Jadi, tidak diragukan lagi jika Agan ingin selalu menjadi yang pertama diingat, saya sangat merekomendasikan Facebook. Dan ya, pemasaran Facebook organik (bukan iklan berbayar) masih berfungsi, bukan hanya iklan Facebook. Tapi itu topik lain.
Bagaimana saya tahu jika Iklan Facebook berfungsi untuk bisnis saya?
Semuanya dimulai dengan pertanyaan-pertanyaan ini:
- Mengapa Anda menjalankan Periklanan Facebook ? dan,
- Metrik kesuksesan apa yang akan Agan gunakan untuk menentukan apakah iklan pemasaran media sosial Agan dapat sukses atau tidak berguna ?
Metrik Anda bisa salah satu dari ini:
- Download
- Suka Facebook
- Keterlibatan sehingga Agan dapat menargetkan ulang nanti
- Penayangan video untuk kesadaran
- Kehadiran di suatu acara
- Penginstalan aplikasi
- Keanggotaan grup Agan
- ROI Anda
Misalkan Agan menjalankan webinar dan Agan menargetkan untuk mendapatkan 20 prospek tetapi pendaftaran Anda 30. Agan melebihi sasaran sebesar 50%. Kita dapat mengambil langkah lebih jauh di bawah ini saat menghitung biaya.
Agan dapat menggunakan salah satu dari ini sebagai indikator untuk mengukur kesuksesan Iklan Facebook Anda.
Sumber : socialsuccessmarketing.com |
Apa satu hal yang ingin Agan sampaikan kepada perusahaan yang baru mengenal iklan Facebook?
Agan harus melakukan Uji coba iklan Facebook sebelum menginvestasikan sebagian besar anggaran iklan Agan di dalamnya.
Agan mungkin berpikir pengujian terpisah iklan Facebook adalah sebuah pengeluaran, tetapi pemasar media sosial dan perusahaan yang paham memahami bagaimana hal itu dapat membantu perusahaan menghemat anggaran pemasaran dan sumber daya lainnya dalam jangka panjang.
Pengujian terpisah iklan dapat menghilangkan asumsi tentang apa yang disukai atau tidak disukai audiens.
Pengujian terpisah iklan Facebook dapat akan membantu Agan memahami kombinasi elemen iklan Facebook yang paling cocok untuk perusahaan milik Anda.
Anda dapat memeriksa bagaimana orang lain menguji iklan mereka secara terpisah dengan mengunjungi FB ad Library.
Berikut ini contoh iklan yang dilakukan perusahaan manufaktur mobil di Facebook. Bacalah dengan seksama apa yang mereka coba mencoba split-test. Bisakah Agan melihatnya?
Sumber : Facebook |
Apa yang dapat Agan coba split-test?
- Deskripsi iklan
- Grafik
- latar belakangnya - orang atau tidak
- teks pada grafik
- dengan teks, atau tanpa teks
- warna grafis
- Kalimat yang Agan gunakan
- deskripsi posting Agan
- apa yang dikatakan teks Agan pada grafik
- judul
- Demografi
- uji satu demografis pada satu waktu
- Panggilan untuk bertindak
- dengan atau tanpa
- tipe apa
- Penempatan iklan
- newsfeed
- artikel instan
- kolom kanan
- pasar
- video interstisial
Agan dapat menyesuaikan strategi pemasaran dan meningkatkan permainan Agan atau beralih ke platform media sosial baru di mana bisnis Agan dapat memperoleh lebih banyak keuntungan.
Selalu fleksibel terhadap perubahan dan jangan berhenti sampai Agan mendapatkan kombinasi yang tepat antara tujuan pemasaran, strategi, konten, dan pendekatan.
Untuk mengetahui apakah itu "berhasil" atau tidak. Kuncinya adalah benar-benar mencoba iklan Facebook.
Tapi kemudian, untuk mengetahui arti "apa yang berhasil" bagi Agan dan tim Agan. Agan benar-benar perlu mendefinisikan apa arti frasa itu sebelum Agan berhenti menjalankan iklan.
Bagaimana saya tahu Iklan Facebook saya menguntungkan?
Bertahun-tahun yang lalu, orang tidak menggunakan media sosial untuk membeli produk. Mereka menggunakan media sosial untuk terhubung dengan keluarga dan teman serta untuk menemukan orang baru.
Forrester mempelajari jalur pembelian pembeli online terakhir tahun 2012. Dalam laporan mereka, kurang dari 1% transaksi dilacak kembali ke tautan sosial di antara 77.000 pesanan yang dilakukan secara online.
Namun pada hari ini, Facebook adalah platform media sosial yang sekarang digunakan perusahaan untuk meningkatkan kesadaran merek dan konversi.
Bagaimana cara mengontrol pengeluaran saya untuk iklan Facebook?
Facebook memberi pengiklannya kelonggaran dalam mengontrol berapa banyak uang yang akan dibelanjakan saat menjalankan iklan.
Itu semua tergantung pada bagaimana Agan mengaturnya.
Jadi mengontrol berapa banyak yang Agan belanjakan di Facebook dan tidak mengeluarkan uang berlebihan, Agan dapat mengatur anggaran harian saat mengatur iklan. Agan dapat memasukkan jumlah yang ingin Agan belanjakan.
Agan dapat membelanjakan serendah atau setinggi apa uang yang akan di keluarkan.
Sumber : Facebook |
Selain mengontrol biaya, Agan juga dapat mengatur tanggal mulai dan berakhir untuk iklan Facebook. Dengan cara itu, Agan pasti tidak akan mengeluarkan uang yang terlalu banyak.