Apa Arti dari Canonical URL? Panduan Mudah Beserta Contoh

{inAds}

Cannonical url

Seputarkita.id - Saat Anda mempelajari SEO teknis lebih dalam, Anda akan menemukan Canonical URL (rel = "canonical") dan jika Anda tidak tahu apa itu URL kanonik dan apa fungsinya, mungkin itu akan sedikit membingungkan.

Tujuan dari posting ini adalah untuk menghilangkan kebingungan dan membantu Anda memahami secara sederhana apa arti dari URL kanonik dan bagaimana menggunakan URL Canonical dengan benar.

{getToc} $title={Daftar Isi}

Panduan ini mencakup topik-topik berikut:

Apa itu URL Kanonis?


URL kanonis ditambahkan di bagian head halaman dan memberi tahu mesin telusur yang merupakan URL pilihan untuk halaman tertentu yang telah di tetapkan. URL kanonis dapat mengarah ke dirinya sendiri (merujuk sendiri) atau ke URL yang berbeda.

Tag Kanonis paling sering digunakan untuk:
  • Membantu webmaster memecahkan masalah konten duplikat
  • Membantu mesin pencari mengindeks halaman yang paling sesuai (jika halaman memiliki konten yang mirip / identik)
  • Bantu webmaster menentukan domain pilihan mereka
  • Berfugsi untuk menggabungkan tautan masuk ke halaman tertentu

  • {inAds}
  • Berfugsi untuk melindungi PageRank Anda dari situs web yang menyalin konten Anda
  • Berfugsi untuk menghindari masalah duplikat konten saat melakukan sindikasi konten
  • Berfugsi untuk menentukan halaman mana yang akan diindeks jika Anda telah mengaktifkan AMP di situs Anda

Bagaimana cara menemukan URL kanonis saya?


URL kanonis hanya dapat dilihat oleh crawler mesin telusur, bukan pengguna. Url kanonis harus ditambahkan ke bagian <HEAD> </HEAD> dari sebuah halaman dan memiliki format berikut:

<link rel="canonical" href="CANONICAL-URL"/>

Untuk menemukan URL kanonis halaman, gunakan salah satu metode di bawah ini:

Lihat Sumber HTML halaman

Buka halaman web di Chrome dan pilih INSPEKSI > ELEMEN dan lihat dari menu atas, untuk melihat sumber HTML halaman.

Cari kata 'Canonical'. Jika tag kanonik ditentukan, akan terlihat seperti ini:

<link rel="canonical" href="https://www.seputarkita.id/apa-arti-dari-canonical-url"/>

Jika Anda tidak dapat menemukan kata kanonis di HTML Anda, artinya tidak ada URL kanonis yang ditentukan untuk laman tertentu.

{inAds}

Menggunakan Alat Inspeksi URL

Alat inspeksi URL adalah bagian dari Google Search Console dan antara lain dapat menunjukkan kepada Anda apa yang dianggap Google sebagai URL kanonis suatu halaman.

  • Masuk ke Google Search Console
  • Ketik URL di Alat Inspeksi URL dan tekan Enter
  • Buka bagian CAKUPAN laporan
  • Cari 'Kanonis Pilihan Google'

Jika nilainya adalah 'inspected URL', artinya URL kanonis sama dengan URL halaman. Jika Google memilih URL kanonis yang berbeda, itu akan menunjukkan nilai di area itu.

Gambar contoh url cannonical di Google Webmaster

Kapan dan Bagaimana Menggunakan URL Kanonis?


Konten Duplikat

Sebuah situs web cenderung memiliki masalah konten duplikat, meskipun Anda tidak sengaja menggandakan konten Anda di URL yang berbeda.

Kasus umum konten duplikat meliputi:

URL dapat diakses dengan atau tanpa www di URL, Misalnya:

http://seputarkita.id/post-title dan http://www.seputarkita.id/post-title

URL dapat diakses dengan protokol Http dan Https - Misalnya:

https://seputarkita.id/post-title dan http://seputarkita.id/post-title

Halaman yang memiliki versi ramah cetak - Misalnya:

https://www.seputarkita.id/post-title/ dan https://www.seputarkita.id/post-title/?print=true

Halaman dengan konten identik tetapi URL berbeda - Misalnya:

https://www.seputarkita.id/belajar/latihan-seo dan https://www.seputarkita.id/latihan-seo

Konten Duplikat di Situs Web eCommerce

Halaman kategori produk yang memiliki konten yang sama dan menggunakan filter, Misalnya:

https://www.seputarkita.id/produk/sepatu/?warna=merah dan https://www.seputarkita.id/produk/sepatu

Kedua halaman produk tersebut menunjukkan sepatu yang sama tetapi dalam warna yang berbeda. Bagi Google, ini dianggap sebagai konten duplikat.

Dalam semua kasus di atas, menyetel URL kanonis memungkinkan Anda memberi tahu mesin telusur URL mana yang akan disertakan dalam hasil penelusuran mereka.

{inAds}

Tag Kanonis Merujuk Sendiri

Apakah saya perlu menggunakan URL kanonis pada halaman yang memiliki konten asli? Ya, dan alasan utamanya adalah karena ini merupakan cara untuk melindungi konten Anda. Jika seseorang mereplikasi situs web Anda, URL kanonis akan memberi tahu mesin telusur tentang sumber aslinya.

Sindikasi Konten

Sindikasi Konten dan URL kanonis - Saat Anda menerbitkan ulang atau mensindikasi konten Anda di platform lain yaitu media atau Kiriman LinkedIn, Anda dapat menggunakan URL kanonik untuk memberi tahu Google bahwa ini adalah salinan persis dari URL yang ada dan dengan cara ini, Anda memastikan bahwa Google mengetahui sumber asli artikel.

Menentukan domain pilihan Anda ke Google

Sebuah situs web yang dapat diakses melalui URL yang berbeda (melalui www atau tanpa www , dengan Http dan Https) dianggap oleh Google sebagai situs web yang berbeda.

Google bisa bingung mengenai versi mana yang akan diindeks dan untuk membantu mereka dalam tugas ini, Anda perlu menentukan domain pilihan Anda.

{inAds}

Sebelumnya ini dapat dilakukan melalui Google Search Console, tetapi sekarang satu-satunya cara untuk memberi tahu Google tentang domain pilihan Anda adalah melalui tag kanonik.

Anda dapat melakukannya dengan:

  • Menentukan URL kanonis untuk beranda Anda
  • Menentukan URL kanonis dari semua halaman situs Anda
  • Menggunakan format URL yang sama untuk semua tag kanonik Anda

Misalnya, jika Anda menentukan URL kanonis di beranda menjadi:

<link rel="canonical" href="https://www.seputarkita.id/"/> maka semua kanonikal lainnya harus memiliki https dan www di URL.

Konsistensi dalam tag kanonis membantu Google mengidentifikasi domain pilihan Anda.

Contoh URL Kanonis


Untuk membantu Anda memahami cara menyetel tag kanonik Anda, berikut adalah contoh cara kerjanya.

Anggaplah konten halaman https://www.seputarkita.id/seo/belajar-seo  ini sama dengan ini https://www.rseputarkita.id/belajar-seo dan Anda ingin Google mengindeks halaman kedua.

Dalam kasus ini, Anda perlu menyetel URL kanonis Anda sebagai berikut:

Di halaman ini https://seputarkita.id/seo/belajar-seo , URL kanonis harus mengarah ke halaman lain, yaitu

<link rel="canonical" href="https://seputarkita.id/belajar-seo"/>

Di halaman ini, https://seputarkita.id/belajar-seo URL kanonis akan merujuk sendiri, yaitu akan mengarah ke halaman itu sendiri.

<link rel="canonical" href="https://www.seputarkita.id/belajar-seo"/>

Dengan cara seperti ini Anda akan memberi tahu Google halaman mana yang harus ditambahkan dalam indeks mereka dan ditampilkan di hasil pencarian.

{inAds}

Konten Duplikat di Halaman Kategori Produk

Berikut adalah contoh lain bagaimana tag kanonik dapat membantu Anda memecahkan masalah konten duplikat untuk halaman kategori eCommerce Anda .

Anggaplah Anda memiliki halaman kategori yang menampilkan sepatu dalam berbagai warna.

Pengguna dapat mempersempit hasil dengan memilih warna dari filter dropdown.

Ini adalah halaman utama https://www.seputarkita.id/produk/sepatu/ dan ini adalah salah satu halaman yang dibuat saat pengguna memilih warna dari filter https://www.seputarkita.id/produk/sepatu/?warna=merah

Kedua halaman tersebut memiliki konten yang sama persis, yang membedakan hanya gambar produk yang menampilkan sepatu berwarna putih saja. Ini adalah skenario tipikal halaman konten duplikat di situs web eCommerce.

Dalam kasus ini, Anda perlu menyetel URL kanonis Anda sebagai berikut:

Pada halaman ini https://www.seputarkita.id/produk/sepatu/?warna=merah , URL kanonis harus mengarah ke halaman kategori utama, yaitu

<link rel="canonical" href="https://www.seputarkita.id/produk/sepatu/"/>

Di halaman ini, https://www.seputarkita.id/produk/sepatu/ URL kanonis akan merujuk sendiri, yaitu akan mengarah ke halaman itu sendiri.

<link rel="canonical" href=" https://www.seputarkita.id/produk/sepatu/"/>

Praktik Terbaik Tag Kanonis


  1. Setiap halaman harus memiliki URL kanonis yang mengarah ke halaman itu sendiri atau beberapa URL lain.
  2. Hanya boleh ada satu URL kanonis per halaman.
  3. Tag kanonis ditemukan di HEAD laman.
  4. URL yang ditentukan dalam tag rel = "canonical" harus valid
  5. URL yang ditentukan dalam tag rel = "canonical" tidak boleh memiliki atribut "noindex".
  6. Hindari mengarahkan URL kanonis ke halaman yang memiliki tag kanonik yang tidak merujuk sendiri, yaitu mengarah ke halaman lain. Ini akan membuat loop dan membingungkan crawler.
  7. Gunakan kanonikalisasi jika halaman memiliki konten duplikat atau serupa. Jangan gunakan tag kanonik pada halaman yang memiliki konten berbeda. Pertimbangkan untuk menggunakan pengalihan.

  8. {inAds}
  9. URL kanonis harus mengarah ke halaman dalam bahasa yang sama. Untuk situs multibahasa, Anda dapat menggunakan atribut "href lang" untuk menentukan versi yang berbeda.
  10. Halaman beranda harus memiliki URL kanonis yang ditentukan yang menentukan domain pilihan.
  11. Semua URL kanonis harus mengikuti format yang sama seperti beranda.
  12. Jika Anda telah mengaktifkan Accelerated Mobile Pages (AMP) di situs Anda, periksa apakah URL kanonis setiap halaman mengarah ke versi non-AMP.

Apa perbedaan utama antara tag kanonik dan 301 Redirections?


Saat Anda menyetel pengalihan 301, pengguna tidak melihat halaman sumber tetapi mereka hanya melihat targetnya. Dalam kasus tag kanonik, pengguna masih dapat melihat kedua halaman tetapi mesin pencari diberitahu untuk tidak mempertimbangkan salah satu dari keduanya.

Dalam kedua kasus tersebut, backlink digabungkan ke halaman target.

Sebagai aturan umum, gunakan URL kanonis jika Anda ingin menyimpan halaman di situs Anda, untuk navigasi atau tujuan pengguna dan gunakan 301 jika Anda tidak ingin pengguna melihat halaman tertentu.

Keuntungan menggunakan Tag Canonical untuk SEO


Dalam hal SEO, menyetel URL kanonis Anda secara akurat memiliki keuntungan sebagai berikut:

  • Memungkinkan Anda menentukan domain pilihan Anda. Sebelumnya hal ini dapat dilakukan melalui Google Search Console, tetapi sekarang satu-satunya cara untuk memberi tahu mesin telusur apa yang Anda sukai adalah melalui tag kanonik.
  • Memungkinkan Anda menentukan versi halaman mana yang ingin Anda sertakan dalam hasil pencarian.
  • Meningkatkan PageRank halaman tertentu dengan menggabungkan link.
  • Dapat melindungi PageRank Anda saat situs web lain mencuri konten Anda.
  • Ini cara yang bagus untuk mengoptimalkan perayapan situs Anda tetapi menghindari merayapi halaman dengan konten duplikat.

Cara mengatur URL kanonik di WordPress

{inAds}

Cara termudah untuk menentukan tag kanonik di WordPress adalah dengan menggunakan plugin Yoast SEO .

Saat Anda mengaktifkan Yoast SEO, secara otomatis akan menambahkan URL kanonik referensi mandiri untuk semua halaman.

Untuk mengubah URL kanonis halaman atau postingan, edit halaman tertentu dan klik NEXT dan setel URL kanonis.

Mengatur url canonical di wordpress

Bagaimana cara mengatur URL kanonis di CMS apa pun?


{inAds}

Untuk situs web non-WordPress, Anda perlu menambahkan di bagian HEAD dari semua halaman Anda rel="canonical" atribut tautan yang memiliki format berikut:

<link rel=”canonical” href=”CANONICAL-URL”/>

Ganti CANONICAL-URL dengan URL sebenarnya yang Anda inginkan sebagai tujuan halaman. Ini bisa berupa URL yang sama dengan halaman atau URL halaman yang valid dalam situs web Anda atau ke domain yang berbeda (kanonis lintas domain).

Cara mengatur url canonical di cms apa pun

Pembelajaran Penting


Praktik terbaik SEO teknis menunjukkan bahwa setiap halaman situs Anda harus memiliki kumpulan tag kanonis dan harus mengarah ke dirinya sendiri atau ke URL yang valid di situs Anda.

Jika Anda menggunakan WordPress, instal plugin Yoast SEO untuk secara otomatis mengatur tag kanonik referensi mandiri dan kemudian pergi ke halaman individual dan ubah URL kanonis jika diperlukan.

URL kanonis berperilaku sama seperti pengalihan 301 dalam hal penggabungan tautan dan PageRank. Gunakan pengalihan 301 jika Anda ingin halaman tidak terlihat oleh pengguna.

Jika Anda menjalankan toko eCommerce, pastikan bahwa setiap halaman yang dibuat secara dinamis memiliki URL kanonis yang mengarah ke halaman statis situs Anda.

Jika Anda telah mengaktifkan halaman AMP di situs Anda, periksa apakah tag kanonis dari setiap halaman mengarah ke versi non-amp.

Lebih baru Lebih lama